Refund dan review negatif dari user chat Alodokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya mendapatkan email ada 2 pertanyaan yg tidak dibayarkan oleh alodokter.Setelah saya konfirmasi, pertanyaan tsb dr user yg chatnya tertutup otomatis (...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Refund dan review negatif dari user chat Alodokter

    Dibalas 02 Februari 2024, 12:49

    Saya mendapatkan email ada 2 pertanyaan yg tidak dibayarkan oleh alodokter.

    Setelah saya konfirmasi, pertanyaan tsb dr user yg chatnya tertutup otomatis ( btw, saya tidak menerima notifikasi chat masuk. Yg ada hanya notif chat sdh di tutup otomatis)

    Dari dua user ini, ada satu user yg sdh kasih THUMBDOWN dan MEMINTA REFUND which is refundnya di acc oleh alodokter.

    Saya tanya ke tim alodokter "knp refund nya di acc, sdgkan notif chat tidak masuk dan chat tertutup otomatis, saya sdh dikasih thumbdown" jawabannya sungguh bikin ngelus dada. Tidak ada solusi sama sekali. Mengambang. Untung gak disuruh ngisi Gform lagi ( unfaedah, sdh dua kali isi, sdh menunggu 31 hari, smpe skr tidak ada solusi)

    Perlakuan thd mitra sangat membuat saya cukup kecewa.

    Saya berharap TIM ALODOKTER bisa memperbaiki ini, dan bisa jadi lebih baik kedepannya.. mitra dan user diberikan perlakuan yang sama.

    Terimakasih semoga berkah untuk kita semua.

31 Januari 2024, 11:33
Jika user bisa minta refund setelah kasih thumbdown, knp mitra tidak bisa minta takedown review negatif setelah tidak dibayarkan?
31 Januari 2024, 19:38
dr. Jonathan Kevin Djuanda, SpOG
dr. Jonathan Kevin Djuanda, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Turut prihatin mendengar experiencenya dok. Tapi saya sependapat, sepertinya mmg Alodokter ini mengusung tema bahwa pasien adalah raja sementara mitra ya sebatas rekan kerja saja. Jadi ya mmg prioritasnya adalah mengutamakan pasien tanpa terlalu memagari mitranya. Saya paham kalau mmg agak serba salah sih, krn mgkn prioritasnya beda dan sptnya tim alodokter jg tidak menelaah benar2 kondisi tiap percakapan. Banyak kejadian itu pasiennya juga tidak reasonable, tidak make sense dan bahkan meminta sesuatu yg jelas tidak diijinkan, lalu kita KIE baik2 dan tidak kita berikan tp ya negative review itu tetap masuk di kita dan oleh Alodokter ya dibiarkan saja di sana. Saya jadi bingung jg, kalau prioritasnya kepuasan pelanggan lalu semua2 dituruti, etik profesi dan keamanannya tidak ada dong haha. Padahal kalau mitra yg komplain, tetap belum ada perubahan. Spt masalah chat yg bs masuk tumpang tindih sampai lbh dari 3 atau 4, akhirnya menjawabnya telat dan dinilai negative oleh sistem penilaian kinerja. Padahal setelah dikonfirmasi ke support, yg cacat mmg sistemnya.Lebih epic lagi jadi sebnrnya, siapapun yg salah atau bermasalah, mitra yg kena🤣🤣🤣. Padahal kalau boleh jujur dptnya juga tdk seberapa, tp ya saya rasa telemedicine dan online platform ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, makanya saya bertahan, cuma kok ya sptnya manajemen tidak eye to eye dengan kita. On that note, saya tdk menutup kemgknan mgkn mmg ada masalah di kualitas layanan di bbrp mitra misalnya, tp kan y bukan berarti pukul rata semua mitra jd tidak perlu dianggap ya menurut saya.Orang rating kita saja bisa dinaik turunkan sistem.atau admin day by day, session by session sehingga nanti nama yg muncul di paling atas bisa berubah2, jd ya menurut saya perlakuan fair ini ya jangan untuk pasien saja, mitra nya ya harus diperlakukan fair juga.
31 Januari 2024, 22:01
Setuju banget dok.. untuk menghindari review negatif bahwa slow respon karena sedang menjawab 3 chat secara bersamaan, saya berikan disclaimer kepada pasien bahwa bisa saja saat ini dokter sedang melayani 3 pasien bersamaan jadi harap bersabar, malah dapat surat peringatan dari tim alodokter bahwa pasien tidak perlu tahu mengenai hal itu.. kan makin bingung KIE ke pasien nya 🤧
31 Januari 2024, 22:10
dr. Jonathan Kevin Djuanda, SpOG
dr. Jonathan Kevin Djuanda, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Selama ini multiple chat mmg selalu terjadi sih, intinya dari pihak Alodokter mmg problem di sistem dan meski sudah dikeluhkan bbrp kali ya sama saja tidak ada perubahan. Solusinya adalah pasiennya yg dibuat bs memindahkan chat sendiri sptnya dalam waktu tunggu lebih dr 2 menit. Tapi ya jadinya kan sama saja, kesannya kita yg lambat krn kan chatnya sudah masuk di kita. Persis yg disampaikan dr. Aditya, jadi ya mmg prioritas Alodokter adalah penggunanya atau pasien, bukan mitra atau dokter sejawatnya. Salah tidaknya yaa saya tdk bisa menilai, cm menurut saya ya harusnya balance, bukannya pro customer secara blindly demi supaya tdk kehilangan customer. Masalah bisa ada solusi ke depannya saya kok ragu, setiap kebijakan yg dibuat arahnya mmg pro customer, lgpl dgn banyaknya proxy consultation yg marak termasuk rating-fixing di dunia telemedicine, feeling saya ya ini sudah masuk gray area yg tidak bisa diutak atik lg sama mitra hehe. Kalau kata sejawat saya di instansi, "kerjakan saja, tidak usah dihitung, tidak usah dicek, setelah itu fokus ke yang lain, drpd nanti kecewa". I guess it applies as well here.
31 Januari 2024, 22:56
dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK
dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Kl kebobolan gt solusinya minta offline sementara  sama CS dok
Biar ga makin bobol hehe
01 Februari 2024, 05:45
Betul dok.. saya pernah KIE user di awal chat kalau2 slow respon mohon bersabar krn sdg membalas lebih dari 2 chat. Eh malah dapat teguran dari tim alodokter.. alasannya nanti user merasa dinomorduakan.
Laaah? 😅😅😅
31 Januari 2024, 13:58
dr. Putu Gizha Satrya Gautama M, SpPD
dr. Putu Gizha Satrya Gautama M, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Setuju dok, harusnya kalau uang sudah dikembalikan, review user bisa ditake down agar win win solution.


Selain itu, mungkin sedikit masukan terkait review user terutama yg menggunakan kata2 yg tidak etis, menjatuhkan, dll seharusnya bisa di-hide dan cukup jadi bahan instrospeksi pribadi si dokter saja. Tidak perlu ditampilkan di halaman awal profil dokter di aplikasi alodokter karena bisa menjatuhkan harga diri dokter di mata user lain. Sejawat saya ada yg dikatakan kont*l oleh user.


Kalau menurut saya di halaman profil dokter cukup di tampilkan “99% pasien merasa puas dengan layanan dokter”.


Semoga bisa ditanggapi dan diberikan penyelesaian yg baik dok.

31 Januari 2024, 15:03
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Ini parah bgt memang, menyedihkan
Apa mitra ga ada hak utk diproteksi nama baiknya?
01 Februari 2024, 05:49
Bener2 diluar nalar ini dok..
Mari kita sama2 menunggu komentar dan kebijakan dari tim alodokter terkait ini dok..
Usernya sangat keterlaluan bikin komentar seperti ini, lebih keterlaluan lg kalau alodokter membiarkan review ini masih ada. 😢
01 Februari 2024, 14:40
Saya (akhirnya) menerima email, saya kutip, "Setiap review yang diberikan user disaring oleh sistem dan jika mengandung kata-kata kasar, menyerang, atau melecehkan maka review tersebut akan otomatis dihapus. Selain dari kriteria tersebut, maka semua review kami terima dan tampilkan."Sistemnya kemarin ga jalan berarti dok. Semoga lekas di-take down ya. Email yang sama menambahkan,
"Setelah evaluasi yang dilakukan oleh tim kami terkait permintaan takedown review tersebut tidak dapat kami takedown dengan pertimbangan dalam chat ini tertutup otomatis oleh sistem dikarenakan tidak ada tanggapan dari dokter, dimana kami himbau untuk dokter refresh aplikasi secara berkala untuk mendapatkan notifikasi pesan baru dari user."Respons saya, himbauan untuk Refresh berkala indikasi sistem tidak berjalan dengan seharusnya. Seharusnya ini menjadi concern karena ujung tombak justru di sini.
Saya kira dokter tidak alergi dengan feedback negative bila memang kesalahan dilakukannya langsung. Feedback negative tetap diluluskan saat chat tertutup otomatis oleh sistem saat notifikasi tidak muncul dan berlindung pada sudah diberi himbauan untuk refresh app berkala, saya rasa itu tidak bijaksana untuk dilakukan oleh provider.
01 Februari 2024, 02:36
Dari sisi saya sebagai psikolog yang bergabung disini, juga sama dengan keluhan rekan lainnya. Sangat disayangkan, YA. Bahkan di group psikolog, respon dibatasi, shg hanya admin yg bs mengirim pesan. Jadi ruang diskusi di group juga tdk ada, percuma ada group. Semoga dengan semakin banyaknya keluhan ini, tim Alodokter bisa memperbaiki kebijakan dengan ADIL. Karena tanpa mitra, Alodokter juga tdk akan bs melanggengkan pelayanan ini. Akan lebih baik jika dibuat juga diskusi bersama secara menyeluruh dari perwakilan mitra di masing2 spesialisasi mungkin ya. Jd sistem yang dibuat tdk hanya dr sudut pandang tim pengelola, tp juga pemberi layanan. Semoga bisa jadi bahan evaluasi lebih baik lagi. Terima kasih 😊🙏🏻
01 Februari 2024, 08:16
Dulu grup chat di buka kok. Tp setalah ada diskusi tentang waktu respon yg aturannya tdk rasional. Chat di grup psikolog langsung di tutup, jd hanya admin yg bisa kirim pesan. Akhirnya grupnya gak ada aktifitas 😅
31 Januari 2024, 15:29
Kejadian lagi ya dok? Kemarin ada yg mengeluhkan hal yg sama tapi ternyata tetap tidak ada solusinya. Saya sendiri belum pernah mengalami namun dari pengalaman dokter lain tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada saya juga. Semoga segera ada solusi dari pihak alodokter. Ingat, perlakukanlah sejawat seperti anda ingin diperlakukan ya wahai tim alodokter 🙏
31 Januari 2024, 17:31
Semoga segera ada win win solution ya dok..
31 Januari 2024, 16:31
dr.Diah Adiyani Kartikaratri, SpOG
dr.Diah Adiyani Kartikaratri, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
hampir mirip dok, saya pernah terklik di pertanyaan AI yg tdk sesuai saat mau scroll down, sayangnya pertanyaan AI ini tidak bisa dicancel dan dokter tidak bisa mengintervensi apapun hingga sesi berakhir atau pasien menjawab. akhirnya pasien bingung, tdk menjawab, dan memberi review buruk. saya tanyakan tim alodokter, tidak jelas apakah yang begini juga uangnya dikembalikan atau tdk.
yg sy ingat pernah disampaikan team tersebut bahwa sekarang sdh tidak boleh take down ulasan pasien karena dilarang oleh appstore/playstore dg ancaman di banned.
kdg gemes juga ya dg ulasan2 ini krn dokter pun tidak bisa memberi respon balik utk ulasan ini utk sekedar say sorry, atau menjelaskan apa penyebabnya.
31 Januari 2024, 17:30
Betul bgt dok.. mestinya mitra bisa respon balik utk review yg diberikan user. Shg user lain tdk menghakimi sendiri. Yg saat ini bikin ngenes dok..
01 Februari 2024, 11:27
Sebelumnya saya jg mengalami hal ini & sudah komplen ke tim alodokter. Krn tidak ada solusi, saya naikkan juga di forum diskusi alomedika dok kemudian Saya dihubungi lagi oleh pihak alodokter meninjau permasalahan itu. Tetap saja komen negatif & thumbsdownnya tidak ditakedown padahal bukan kesalahan dari kita trus pihak alodokter kesannya memang menyalahkan mitra. User tidak pernah salah kayaknya 😓
01 Februari 2024, 12:03
Betul dok.. saya dapat kesannya seperti itu.
Shg mw gmn pun kita minta peninjauan permasalahan, tetap saja tidak ada win-win solution utk mitra.
Mitra tidak diberikan perlindungan dan dianggap hanya rekan kerja saja ya. Atw mgkn "pekerja" Dan ini puncaknya dok.. saya merasa kecewa dgn tanggapan dari tim alodokter.. akhirnya saya angkat di forum diskusi ini.. Saya sangat berharap ini bisa diperbaiki..
31 Januari 2024, 14:08
Saya setuju dok..
Kepada tim alodokter saya jg sudah menanyakan bagaimana win-win solutionnya.
Dibalas dengan chat bgini " win-win solution bagaimana ya dok"
31 Januari 2024, 14:13
dr. Putu Gizha Satrya Gautama M, SpPD
dr. Putu Gizha Satrya Gautama M, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Dokter chat medical operator nya? Kalau itu akan lama dok di responnya. Lalu solusinya bolak balik. Menurut saya karena adminnya ada bbrapa orang. Jadi saat kita follow up kalau dapat admin yg beda akan diulang lagi pertanyaannya.
Kalau saya ada problem yg mendesak saya langsung kirim email ke dokter Alni. Lebih cepat penyelesaiannya.
31 Januari 2024, 14:16
Saya wa chat tim operasionalnya dok.. Kalau tim medicalnya udh bosan saya dok.. gak pernah dibalas, pdhl saya chat wa bukan diluar office hours,  Sibuk sepertinya dok, atw memang ini bukan hal prinsipil bagi tim medicalnya.
02 Februari 2024, 12:19
Melihat dari banyaknya kasus yang dialami oleh saya sendiri dan rekan-rekan sekalian, saya kira besar kemungkinan ada lebih banyak juga yang merasakan hal sama namun tdk diutarakan.
Namun, semoga itu tdk menjadi penghalang bagi team ALODOKTER untuk benar2 serius menindaklanjuti ini. Mohon untuk tdk template dalam memberikan penjelasan, karena beberapa case ada yang tdk selalu spesifik sama. Saya agak risih juga setiap yang komplain diberikan responnya template semua sehingga seolah tidak dihiraukan case per casenya dan krg dipandang sebagai mitra yang berhak mendapatkan pelayanan yg setara dr team.  Mitra adl ujung tombak dr platform ini. Semoga kesejahteraan kami bisa juga dioptimalkan, supaya bs berikan layanan yg lbh baik kepada user. Hanya karena user bayar, tidak berarti mereka selalu benar. Akan lebih baik jika review2 negatif disaring dulu benar2 sebelum ditampilkan, supaya tdk repot lapor2 takedown tp minim eksekusi. Terima kasih 🙏🏻:)
02 Februari 2024, 12:28
Amin yra.. smg kritik dan saran dari teman2 sejawat menjadi perhatian khusus oleh tim alodokter..
01 Februari 2024, 15:16
Luar biasa jawaban atas pengisian Gform saya.
Mantap!!
Review negatif saya dapatkan disaat sdg offline ( aplikasi alodokter eror disaat ini saya sdg offline, tp di aplikasi user saya online) ada bukti2nya dan sudah saya krm ke tim alodokter sbagai bahan pertimbangan.
Hasil telaah nya ini?
Wow!!
01 Februari 2024, 15:17
Setelah menerima email ini saya menyimpulkan apapun itu penyebabnya adlh mitra yg salah! Terimakasih tim alodokter atas telaahnya yang sangat luarbiasa.
Wassalam
01 Februari 2024, 15:28
Sama persis dok, saya jg dapat email yg sama setelah huru-hara komplen sana sini sampe naik ke forum diskusi. Sepertinya alodokter antikritik untuk mitranya, padahal harusnya menerima saran & masukan demi kenyamanan bersama kan ya. Sejujurnya masih lebih welcome dgn mitra di aplikasi sebelah berlogo pink, obat2an lebih lengkap & aplikasi lebih friendly
01 Februari 2024, 15:37
Betul dok.. saya setuju.. gak bisa menerima masukan dan kritik dari mitra. Pdhl pelayanan itu dua arah ya dok.. dan kritik dari mitra disini smw nya sifatnya baik dan membangun. Tp bagaimana lg, alodokter gak bisa menerima masukan dan saran tsb.
Perihal obat jg saya sdh sering minta distock segera utk obat yg kosong, krn terkadang user yg konsul jg ada yg obatnya habis disaat mereka sdg on vacation atw sdg on duty luar kota.
Mereka berharap kita bs memberikan solusi, tnyata obat stoknya kosong, sampai skr pun masih kosong bbrp obat yg 2 bulan yg lalu saya anjurkan utk distok. Gpp dok.. skr gak usah full of service bgt. Dan gak usah effort bgt ya dok.. 🤣🤣🤣 Seadaanya aja.
01 Februari 2024, 23:47
Setuju Dokter. Izin saya berbagi pengalaman direview pasien negative thumbsdown karena "dosisnya belum ada dok" padahal jelas sekali di resep saya tuliskan dosisnya, entah pasiennya tidak membaca, atau mungkin apoteknya lupa tidak menuliskan dosis di obatnya. Pernah juga saya tidak online, tdk buka aplikasi sama sekali, tapi di sistem entah bagaimana online, lalu ada 5 chat masuk tidak saya balas, sehingga dapat thumbs down dan review sempat turun drastis.


Selain merugikan utk mitra karena mempengaruhi penilaian pasien ke dokternya, saya rasa kasihan kalau pasien juga tidak mendapatkan penjelasan atas apa yang dia keluhkan (misalnya pasien yang merasa tidak diberikan dosis). Mungkin kalau pasien mendapatkan pengalaman negatif bisa diarahkan untuk dibantu CS terlebih dulu untuk diselesaikan keluhannya, untuk meningkatkan kepuasan user experience pasien juga.


Sepertinya sudah sering sekali ada artikel mengenai dokter2 direview negative tidak adil oleh pasien, karena itu saya setuju Dok, mohon team ALODOKTER melakukan sesuatu seperti misalnya membuat team atau kebijakan khusus untuk menangani mengenai masalah review yang merugikan mitra ini.


Terima kasih.

02 Februari 2024, 08:29
Betul dok.. dari yang saya eksplorasi review2 user ini lebih banyaknya terkait dengan aplikasi ya ( krn chat tidak direspon akibat tertutup otomatis, permasalahan offline-online, permasalahan ketersedian obat, dan permasalahan yg dokter blg pasien gak paham dg penggunaan aplikasi itu sendiri), Jarang sekali komplainnya krn pelayanan dari mitra ( ini ada, tp one in million )
Hanya saja user memilih memuntahkan smw ketidakpuasan itu ke personal mitra melalui review negatif.  Contohnya saya pernah melihat user memberikan review negatif gara2 pengantaran resepnya yang lama. Apakah itu kesalahan dari mitra? Tidak adil sekali melihat kondisi tsb, mitra sdh memberikan pelayanan dengan baik tp dijatuhkan karena hal yg diluar kendalinya. Jadi dg hal-hal ini ada baiknya alodokter melakukan perbaikan2 jgn hanya mencari pembenaran dan menyalahkan mitra saja.
31 Januari 2024, 23:49
Coba ajukan concern di atas via email ke tim Alodokter dok. Pengalaman, saya kirimkan email memuat kronologi, keberatan mitra, juga solusi-solusi yang diusulkan. Saya lakukan dua kali untuk problem serupa di kesempatan berbeda. Bahkan sudah tidak ada balasan sama sekali untuk email saya tersebut. Menunggu waktu saja bagi rekan yang lain mengalami hal serupa. Betul dugaan saya bahwa apa yang saya alami dan beratkan juga dialami rekan lainnya. Semoga problem teknis dan problem komunikasi dengan mitra bisa diselesaikan dengan baik untuk bisa naik kelas ya.
31 Januari 2024, 22:53
dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK
dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Baru tau pasien bisa dapat  refund
Beberapa kali pasien salah pilih  dokter spesialis
Dibilang ga bs refund
01 Februari 2024, 05:20
Kata tim nya bisa dok.. asal usernya mengajukan refund. Tidak bisa otomatis direfund. Begitu infonya dok..
01 Februari 2024, 09:38
dr. Putu Gizha Satrya Gautama M, SpPD
dr. Putu Gizha Satrya Gautama M, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Kalau kasusnya salah pilih dokter ga bisa dok, tp kalau kasusnya dokter ga merespon sampai chat tertutup otomatis bisa minta refund dok
02 Februari 2024, 08:36
Sudah persis drama review driver ojek online saja ya 🤣🤣🤣
Tidak usah diambil pusing dok. Sekarang saya bila ada kendala chat masuk tanpa notifikasi saya kirim tangkapan layar ke CS. Supaya saya ada record kejadian real-time. Bila ada evaluasi saya tinggal tunjukkan buktinya.
02 Februari 2024, 08:43
🤣🤣 iya dok.. jalanin aja.. yaa namanya aplikasi ini buatan manusia ya dok pasti ada kekurangannya.
Notifikasi chat baru masuk belakangan tp chat user udh saya balas aja sering kejadian dok.. mantap kaan..
Iya dok, skr ss aja kalau ada kejadian, lgsg kmrn ke adminnya. Wlpn buktinya ntah dievaluasi dg benar ntah gak. Ora urus lagi lah dok.. 🤣🤣🤣
01 Februari 2024, 09:54

Alo, dr. Erika Putri Rozita, Sp. P 
Terima kasih atas diskusinya. 

Terkait  syarat  dan  ketentuan  refund,  jika  tidak  terjadi  proses  konsultasi  memang  kami  melakukan  refund  kepada  user.

Terkait  masalah notifikasi  yang  tidak  muncul,  mohon  dapat  berkoordinasi  dengan  tim  operasional  untuk  dipandu  mengenai  settingan  gawai.  Jika  perangkat/gawai  yang  dokter  gunakan  sudah  diset  sesuai  dengan panduan  tim,  mohon  dapat  dicek  kembali  kondisi  sinyal.  Jika   dari  setting  dan  sinyal  sudah  diperiksa,  masih  ada  kendala  notifikasi  silakan  berkoordinasi  kembali  dengan  tim  operasional,  untuk  telusur  lebih  lanjut.  Saat  ini  di  sistem  Kami  tidak  ada  kendala teknis  mengenai  notifikasi.  

Terkait peninjauan  ulasan negatif dari  user,  memang  benar  ada  form  yang  perlu  diisi  untuk menjadi  data  dan  pertimbangan  dari  tim  Alodokter.  Jika  review  tersebut  karena  kesalahan  teknis,  kami  sepakat  bahwa hal  tersebut  bukan  kesalahan  dokter.

 Namun  perlu  disampaikan  juga  bahwa  tidak  semua  review  negatif  akan  pasti  diturunkan  (dihapus).  Akan  dilakukan  peninjauan  sistematis oleh  Tim  Alodokter. Ulasan negatif dapat diturunkan jika terbukti bukan karena kelalaian dokter. 

Pengisian G-form memang menjadi  prosedur sebagai data untuk peninjauan lebih lanjut, Untuk  proses  peninjauan ini  diperlukan  waktu  maksimal  3 hari  kerja, harap  mengikuti proses yang berlangsung. Jika  sudah melebihi  waktu  tersebut silakan  menghubungi  tim  operasional  untuk  follow-up  dan  konfirmasi. 

 

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.  

01 Februari 2024, 11:53
Terimakasih atas tanggapannya dr. Alni.
Perihal settingan Hp sdh sesuai panduan dari tim alodokter ya dok.. perihal refund di acc dan user memberikan review negatif perihal saya ini minta tlg ditinjau ulang ya dok, spy tidak terjadi lg hal seperti ini.  Ini seperti sdh jatuh ketimpa tangga. Aneh ya.. mestinya kebijakan dari ALODOKTER diperbaiki, misalnya jika user memberikan review negatif terkait dokter tidak merespon sampai chat tertutup otomatis, maka user tidak bisa mengajukan refund. Perihal Gform yg saya blg unfaedah sblmnya.
Tgl 31 DESEMBER 2023 disaat saya sedang tidak online, tp diaplikasi user saya terlihat online. Shh disaat itu masuk 2 chat.  Yg tentu saja tidak saya respon krn saya sdg offline. ( Disini jelas ya dokter bukan sbagai pihak yg bermasalah)
Dikarena ini saya mendapatkan review negatif. Hal tsb sdh saya sampaikan ke tim alodokter, saya disuruh isi Gform, tiap minggu saya tanyakan apa penyelesaiannya. Jawabannya "sdg diekskalasikan ke tim terkait" dan skr sdh tgl 1 Februari 2024, saya masih belum dapat ending penyelesaiannya, review jg masih ada sampai skr.
Saat ini saya sudah di fase "ya sudah lah, pasrah saja terima saja" Terimakasih dr. Alni, smg bisa diperbaiki kedepannya.
01 Februari 2024, 14:59
dr. Jonathan Kevin Djuanda, SpOG
dr. Jonathan Kevin Djuanda, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Settingan sudah diubah, sudah lapor berulang kali ke tim support jawabannya selalu sama, antara yg salah saya, hape saya, atau sinyalnya. Padahal sudah entah berapa kali notifikasi tidak masuk padahal saya baru buka aplikasi. Notifikasi baru masuk waktu chatnya sudah dialihkan. Ya terus apa gunanya notifikasi. Contoh lain, ini di email saya terima notifikasi diskusi di komunitas, padahal sudah jelas2 saya toggle OFF notifikasi via email untuk diskusi di alomedika, tp ya tetap saja masuk terus. Prinsipnya kalau mmg ada masalah atau mmg kekurangan sama aplikasinya ya sebnrnya harus dievaluasi, bukan semua bilangnya mitra atau perangkatnya mitra yang salah sih sebnrnya. Menurut saya, semakin kurang berkualitas relasi antar mitra dengan manajemen, maka ya jelas makin berdampak ke pelayanan jg.
01 Februari 2024, 20:33
Malam dr Alni
Malam dr Erika
Ternyata kasus saya sama dengan dr Erika


Sering disampaikan kalau pada aplikasi baru terlihat online ketika kita buka aplikasi dan lakukan drag atau pilih menu lain agar terbaca aktivitas.
20 januari saya seharusnya online shift 4-6 AM, karena ada tindakan emergency, saya tidak buka aplikasi agar tidak terbaca online, saya baru buka aplikasi pk 5 , tiba-tiba sudah ada 2 chat yang selesai tanpa ada notifikasi yang masuk, dan berujung feedback negatif pasien di ulasan.
Bagaimana sebenarnya aturannya, apakah jika memang kita booking shift itu sudah pasti terbaca online tanpa perlu ada aktifitas di aplikasi alomedika?
Bukankah memang ada ada penilaian jika tidak online tidak tepat waktu yang berefek pada waktu dan jumlah shift yang bisa di booking, artinya tidak otomatis online kan?


Email saya d balas 12 hari kemudian, dan disimpulkan kesalahan pada gawai
Ternyata dr Erika lebih lama lagi ya 31 hari

01 Februari 2024, 20:51
dr.Diego Lesgenia,SpPD
dr.Diego Lesgenia,SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Selamat malam dr. Alni, AI juga sering mengalami gangguan, berupa stuck di kesimpulanMalam ini saya mengalami gangguan AI dengan kendala "pasien belum menjawab pertanyaan" , saya sudah coba refresh namun belum ada jawaban, tiba2 chat tertutup dengan keterangan dokter tidak menjawab pertanyaan.Saya hubungi operator, mereka menjawab AI stuck dan menyalahkan saya karena tidak menguhubungi operator, padahal saya menunggu jawaban pasien sesuai yg ada di chatMohon perbaikannya untuk kebaikan kita bersama
01 Februari 2024, 21:48
Betul dok.. sampai saya lelah sendiri utk bertanya ulang.
Tp skr saya sdh tobat bertanya, kritik dan memberikan masukan dok.. cuma dianggap angin lalu saja. Dari email tanggapan yg saya terima itu sudah cukup menjelaskan dimata manajemen alodokter, mitra itu hanya sekedar pekerja saja.