Sulit menaikkan rating dokter chat - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat Siang Teman² sejawat, ada yg mengalami, naikkan rating susah mgkn butuh lebih banyak Thumbs Up dibanding turunnya rating dengan gampang hanya krn 1...

Diskusi Dokter

13 Maret 2024, 10:53
Terima kasih dok, hanya saja harusnya berimbang jg utk naikkan rating, krn seyogyanya segampang itu menurunkan rating, segampang itu jgla naikkan rating. Mohon maaf kita para dokter bukan ojek online yg bergantung ke rating. Mohon maaf bahasa saya. Dokter dan Pasien adalah mitra. Tidak ada yg superior tdk ada yg inferior. Memang pasien keluarkan sejumlah uang utk konsultasi telemedicine, namun perlu diingat jg para dokter yg bekerja menghabiskan minimal 5-15 tahun usia utk pendidikan. Sehingga spt yg saya bilang, gampang turun dan dipermudah naik jg. Punishband Rewardnya sepadan.Masalah saya krn sampe 30 menit saya tdk menjawab ada konsul masuk krn memang tdk ada bunyi notif masuk. Masalah classic di AloMedika yg selama ini dipersoalkan terus. Saya faham hal ini masih hal yg tak bs diperbaiki sampai saat ini oleh pihak AloMedika, terutama pengingat selalu harus refresh AloMedika nya agar terlihat online. Apakah isu ini akan terus² begini?
Apakah tak bs spt Whatsapp yg kapan aja kita bs real time dapat notif??
Sehingga kasus saya krn saya tak ada notif dan tak terlayani, si pasien bikin thumbs down, dan rusaklaa rating dah dibangun. Dan pada pembayaran tiap selasa pun pihak AloMedika akan balikkan jg cost nya ke pasien krn tdk dilayani. Walhasil, thumbs down melekat permanen, rating rusak, pasien tetap bahagia. Iti dari sudut pandang saya dengan harapan AloMedika menjadi lebih baik, dan tidak anti-kritik. Karena harapan kita semua para dokter ingin AloMedika terdepan, bahkan bisa go Internasional tdk hanya global nasional saja.Oke makasih atas forum saya yg dijawab lgsg oleh pihak AloMedika. Jazzakumullah khairan.Salam
Dr. H. Taufik Hidayat, MM., MKed(Cardio), SpJP, FIHA
14 Maret 2024, 17:29
Saya saran tidak usah dianggap terlalu serius dok. sesempurna apapun niat kita bekerja, pasti ada satu titik dimana kita berada di posisi terendah, jadi ga bisa maksimal. sy pribadi udh lama ga mikirin angka 100% itu. terlalu gampang rusaknya, terlalu ribet menjaganya. toh rewardnya ttp segitu2 juga 😊.
Salam.
14 Maret 2024, 21:58
Terima kasih dr Hadi, benar jg. Keadilan akan mencari jalannya sendiri
14 Maret 2024, 13:23
Betul bgt. Saya juga heran knp rating sangat susah naik setelah ada thumbdown 1 biji. Sangat tidak adil sekali. Apalg ada user yg tidak paham kalau chat alodokter ini tidak seperti chat dengan teman, yg kapan kita bosan, baru selesai chat. Ini pengalaman saya baru2 ini, ada user chat, lama bgt jawabannya, smpe bbrp kali saya nanya "alo mbak?" Dan endingnya dy gak balas lg dan tertutup otomatis oleh system. Eh saya dapat review yg bikin saya ngakak 🤣🤣🤣🤣 Saya lampirkan screenshot komentar dy.  ( Yoklah ketawa bareng kita semua dok..) Hal ini sdh saya lapor ke tim operasional, lg2 disuruh isi Gform 🤣🤣🤣 udah bosan dong saya isi2 inj.. gak ada faedahnya mnrt saya.. Tindaklanjutnya selama ini tidak ada. Tlg diperbaiki ya tim alodokter utk review dan rating ini.
Terimakasih
14 Maret 2024, 17:39
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Dok ini sangat ngenes sih, lucu tp memprihatinkan 🥲
Usernya apa ga tau / ga dikasih tau jg rules utk konsultasi secara telemedicineSaya dr dulu sudah menyarankan ke Alodokter, please educate user nya juga.
Dikira kita hotline 24 jam apa yg bisa sambung konsul semaunya mereka.At least rules2 tsb bisa disebutkan pd disclaimer otomatis di awal chat, ini jg usul saya dr dulu yg sepertinya belum pernah ditanggapi🙏
14 Maret 2024, 17:51
setau saya review2 seperti ini bisa diadukan ke pihak alodok. nnti mereka akan nilai, bila mmng kesalahan di user, reviewnya nnti bisa dihapus. saya pernah melakukannya, dan rating saya kembali 100%. tapi lama2 saya jadi tidak terlalu peduli dengan rating2 ini, kurang paham apa manfaatnya. apalagi ratingnya berdasarkan subjektifitas pasien yg kita semua tau sendiri ada 1001 macam model 😊.
13 Maret 2024, 11:55
Nah cocok yg disampaikan dr Aldo,, u know what i mean, but they dont
16 Maret 2024, 10:03
dr.Dian Apriliana, Sp. P
dr.Dian Apriliana, Sp. P
Dokter Spesialis Paru
Saya malah males liat rating dok..
Kmrn sempat nanya jg sie dok...katanya ga berdasarkan thumbs tp berdasarkan penilaian komentar..lalu ga semua jg pasien merasa harus kasih rasa terimakasih dan kasih komentar...
Trus lama2 males kepikiran sama penilaian orang...klo perlu...tetap aja sptnya mereka akan konsul...hehehe
Yang penting dah berbuat baik...
Rejeki khan ga berdasarkan rating jg...#menurut saya# drpd ngerasa ga enak hati dan malah jadi jawab nya bete ke pasien gegara rating...
12 Maret 2024, 16:53
iyaa dok, thumbs up mungkin bisa 30 org lebih, pas dapet thumbs down 1, jadi gak naik presentasenya
12 Maret 2024, 20:14
Wkwkwkwk bisa keburu frustasi kita. Gak seimbang. Usul saya ke AloDokter... seimbang la,  biar Reward and Punishment seimbang. Sekedar usul jika didengar sih
14 Maret 2024, 13:25
Wkwkwkwwk iya ya dok. Saya ada usul brilian la menurut saya, nanti saya post
16 Maret 2024, 07:05
Diskusi mengenai jempol ke bawah ini sudah banyak dok sebelumnya tp ya lewat bwgitu aja dok
13 Maret 2024, 09:48

Selamat pagi dr. Taufik Sp.JP
Terima kasih sudah menjadi bagian dokter yang melayani Chat Bersama Dokter Alodokter, dan terima kasih atas diskusinya. 

Terkait  rating  dan  review  memang  Alodokter  menjadi  pionir  untuk  keterbukaan  informasi  mengenai  layanan  fasilitas  kesehatan  termasuk  ulasan  dokter. Di  mana  ulasan  ini  menjadi  bahan  untuk  evaluasi guna  menjaga  dan  meningkatkan kualitas layanan.  Review  dan  rating  terbuka bagi  pasien  dengan  tetap  memperhatikan  kaidah  dan  etika  yang  berlaku,  dalam  hal  ini  setiap  review  yang  menggunakan  kata-kata  kasar,  umpatan,  mengandung  SARA  dsb  akan  otomatis  terblokir  oleh  sistem.  Sehingga  fitur rating  dan  review  diharapkan  dapat  berperan  sesuai  dengan fungsinya.  

Untuk  semua  dokter  yang baru  bergabung  dengan  Alodokter, sistem  otomatis  memberikan  review  100%.  Untuk  mempertahankan  review  ini,  dokter  sangat  disarankan  untuk  mengikuti  kaidah  menjawab  di  Alodokter  khususnya  di  bagian response  time  dan  teknik  menjawab. Review  negatif  umumnya  berkaitan  dengan waktu  merespon  dan teknik komunikasi  dokter.

Jumlah  pasien  yang memberikan review  memang sangat  mempengaruhi  rating  dokter. 1 review  negatif  dari  2 chat  akan  memberikan  50%.  1 review  negatif  dari  10  chat  akan  memberikan  90%.  Dan  1 review  negatif  dari  1000  = 99.9%  pembulatan  jadi  100%.  

Untuk  itu  kami  sarankan  dokter  tetap  menjaga kinerja  sesuai  standar  menjawab  di  Alodokter,  dan  mendapatkan lebih  banyak  chat  pasien  dengan  antara  lain:  menambah  jadwal  online  di Alodokter,  mengajak  pasien  pribadi  dokter  untuk  follow-up  melalui  Alodokter,  membagikan  profile  link  dokter  seperti  di  tautan  berikut:  https://www.alomedika.com/komunitas/topic/share-link-profile-dokter-di-aplikasi-alodokter

Dengan ini kami harapkan para dokter juga mendapatkan rating dan review yang baik, dan mempertahankan rata-rata rating dokter di Alodokter tetap baik. 

Demikian yang dapat Kami sampaikan. 
Terima kasih atas perhatian  dan kerjasama dokter.

Salam sejawat, 

13 Maret 2024, 11:52
Alo dok, mungkin dokter tidak menangkap maksud dari pada dokter taufik ya?


jadi, maksud dari dokter taufik regulasi mengenai thumbs down tersebut tidak seimbang dengan thumbs upnya, jadi semisal ada 30 thumbs up, 30 thumbs up ini blm mampu menaikan presentase.


vice versa, 1 thumbs down dapat membuat 30 thumbs up tadi gugur semua, sehingga tdk terjadi peningkatan presentase pada akhirnya


maka dari itu, mohon kembali menjadi bahan diskusi agar sistemnya tdk merugikan para dokter

13 Maret 2024, 23:01
Tetap semangat dokter 🫡
Semoga hal ini bs menjadi evaluasi berkelanjutan bagi tim alodokter
Menyalaaa Abangkuhh